BAHAGIA DENGAN MASALAH...

“ Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya “
(Q.S. Al-Baqarah:286)

Berbahagialah jika kita memiliki masalah. Itu artinya kita sedang hidup, tumbuh dan berkembang. Seperti pohon yang semakin tinggi menjulang semakin besar tiupan angin yang menggoyang, memaksa untuk tumbang. Ketika kita tidak mempunyai masalah, jangan-jangan Allah tidak mempercayai kita untuk memecahkannya.

Masalah merupakan lahan untuk meningkatkan kesyukuran. Karena masalah justru akan mendewasakan kita, mematangkan jiwa. Masalah merupakan peluang utnuk menang, kesempatan untuk lebih kuat dan rahmat untuk meraih bahagia dunia akherat.
“ Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’. “ (Q.S. Al-Baqarah:45).

Masalah itu banyak manfaatnya lho…
Masak sih? Mungkin kata itu yang pertama terlintas dibenak kita. Rasulullah mengajarkan berpikir positif sebagaimana tertera dalam hadist beliau.
“ Orang mukmin yang bergaul dengan manusia dan bersabar atas perilaku buruknya itu lebih baik daripada orang mukmin yang tidak bergaul dan tidak bersabar atas perilaku buruk yang dilakukannya.” (HR. Tirmidzi)

Masalah merupakan penebus dosa
Sebab dengan memiliki masalah, orang kemudian belajar terhadap kesalahan-kesalahan, dosa-dosa, maksiat dan berbagai ” sejarah buruk ” dalam hidupnya. Jadi kalau kita mempunyai masalah Allah sedang menunjukkan dosa-dosa kita. Maka freskan diri, kembalikan orientasi ke jalan Ilahi.

Masalah itu nikmat kehidupan
Tanpa masalah hidup akan hambar dan datar. Justru dengan masalah itulah yang membuat kita tertantang, dan merasa senang bila sukses menghalau rintangan yang menghadang. Karena itu, tenang dan tenanglah menghadapi masalah. Dalam sebuah riwayat disebutkan,
“ Tiga hal yang mendatangkan keselamatan adalah takut kepada Allah dalan keadaan sepi maupun ramai, berhemat pada saat kaya atau miskin, dan berlaku adil dalam keadaan ridha ataupun murka.”

Masalah untuk mengangkat derajat, menyaring mutu, menaikkan level hidup kita.
Seperti pohon yang semakin tinggi menjulang, semakin besar badai yang datang. Murninya emas karena dibakar dengan api yang berkobar. Kuatnya batu-bata karena pembakaran api yang menyala. Kokohnya baja harus dilebur dengan panasnya bara yang luar biasa. Bersihnya air karena selalu dialirkan. Demikian juga lembutnya jiwa dihasilkan lewat tarbiyah ruhiyah, pendidikan ruhani yang dijalani dengan tempaan masalah, asalkan kita sadar, sabar dan tegar menjalaninya.

Banyak masalah banyak ilmu
Semakin banyak jam tayang, semakin tinggi jam terbang, semakin sering masuk rating, memang terbuka peluang kesalahan menghadang. Tapi yakinlah, saat itulah berbagai ilmu dan pengalaman kita dulang, kekuatan kita galang. Allah telah berjanji. “ Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat ” (Q.S. Al-Mujadillah:11)

Masalah sebagai seleksi
Hidup adalah ujian. Seleksi kehidupan. Memilih hamba pilihan. Yang terbaik amalnya. Karenanya, pandang masalah sebagai modal perbaikan diri. “ Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya, dan Dia maha Perkasa lagi Maha Pengampun."

Masalah untuk merevisi langkah, menentukan arah, dan mengokohkan pijakan jiwa agar istiqomah.
Saat ditimpa masalah tentu kita akan muhasabah: apa yang salah? Lalu kita berbenah, mengoreksi diri adakah yang tak sesuai dengan komitmen semula. Cara pandang ini akan lebih bersih, lebih fresh, membuat amal-amal tetap gress, sehingga semua beres untuk meraih sukses. Dalam tradisi orang-orang sholeh, ketika mereka kalah dalam medan peperangan langsung mengoreksi kualitas ibadah, yang wajib dan yang sunah. Begitu ditemuka sumber masalah, mereka langsung berbenah sehingga semangat juangpun kembali bergairah, kemenanganpun diraih dengan mudah, karena Allah memberi berkah dalam setiap langkah.
“ Sesungguhnya kalian ditolong oleh kemaksiatan yang dilakukan oleh musuh-musuh kalian,” begitu pesan Umar.
(Solikin Abu Izzudin. The Way To Win)


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES